Langsung ke konten utama

Membangkitkan Kembali Indonesia dengan Toleransi dan Perdamaian



 Rabu, (19/07/2023). Telah dilaksanakan peringatan 1 Syuro 1445 H di masjid Rahmatan Lil Alamin. Acara yang rutin digelar tiap tahun ini dihadiri oleh seluruh civitas Al-Zaytun yang ada di dalam maupun di luar kampus. Adapun jumlah tamu undangan mencapai 322 tamu. Diantara  tokoh besar yang turut hadir ialah Dr. Connie Rahakundini Bakrie, M.Si. dari Akademisi dan Analis Militer Keamanan Pertahanan dan Intelejen, Ir. Ilham Aidit dari Forum Silaturrahmi Anak Bangsa (FSAB), Pablo Benua, B.M.P., S.H. dari Reyben Entertaiment, dan tokoh-tokoh besar lainnya.

Dengan mengambil tema “Toleransi dan Perdamaian menuju Kebangkitan Kembali Indonesia Raya”, acara ini melibatkan para santri, Organisasi Pelajar Ma’had Al-Zaytun Dharma Bakti 20 (OPMAZ DB XX), koordinator, dan guru-guru dalam kepanitiaannya.

Adapun susunan acara diawali dengan tadarus khataman Al-Qur’an pada pukul 07.30 WIB hingga 08.30 WIB, dilanjut acara inti berupa sambutan dari para tamu undangan, lalu pidato dari Syakh Al-Zaytun dan ditutup dengan kegiatan ramah tamah.


“Pastinya acara ini luar biasa. Kita dapat menanamkan toleransi dan perdamaian dengan merangkul semua tokoh ulama dan tokoh lintas ulama,” ujar Ustadz Abdul Aziz sebagai panitia. beliau menambahkan bahwa bangkitnya Indonesia berasal dari belajar sungguh-sungguh. Oleh karena itu, beliau berharap santri dapat mengambil pelajaran dari para tamu undangan.

Bekerjasama dengan :
(FSJ (Forum Studi Jurnalis)/Dmw, Rims, Jekk, Ipo, Ing)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peringatan 1 Muharram 1443 Hijriah

Sebanyak 1443 peserta hadir di MRLA untuk memperingati Tahun Baru Hijriyah 1443 H  Setiap tahun, seluruh umat Islam merayakan pergantian tahun baru hijriyah yang dikenal sebagai kalender Hijriyah.  Peringatan tahun baru hijriyah tentu berbeda-beda di berbagai Pesantren, khususnya di Al-Zaytun. Meski Nabi Muhammad tidak memberi contoh untuk menunaikan amalan tertentu saat tahun baru hijriyah tiba, namun civitas Al- Zaytun pada umumnya menjadikan momen tahun baru hijriyah ini sebagai peringatan besar-besaran sebagai wujud rasa syukur terhadap Allah yang telah memberikan karunia-Nya sampai saat ini.  Peringatan Tahun baru hijriyah di Kampus Al-Zaytun pada hari Rabu (11/08) diisi dengan tadarrus Al-Qur'an oleh santri, mahasiswa, guru, karyawan, dan seluruh penghuni lainnya di Ma'had Al-Zaytun.  Dengan diberlakukannya protokol orhiba di Al-Zaytun, maka kegiatan ini dilaksanakan di 6 tempat yang berbeda-beda, diantaranya 5 asrama pelajar, dan 1 masjid besar, Masjid Rahmatan Lil '

SHOLAT IED ADHA 1443/2022 BERJAMAAH DI MASJID RAHMATAN LIL ‘ALAMIN

Pada tahun ini, Ied Al Adha jatuh pada hari Ahad, 10 Juli 2022. Ma’had Al-Zaytun menjalankan rutinitas seperti tahun-tahun yang lalu, yaitu melaksanakan sholat Ied Al Adha berjamaah di masjid Rahmatan Lil ‘Alamin. Al-Zaytun menggunakan Protokol Kesehatan yang disesuaikan dari arahan Pemerintah Republik Indonesia dan World Health Organization (WHO). Karena masih dalam masa pandemi dan Pembatas Sosial Berskala Besar (PSBB) maka shalat berjamaah dilakukan secara berjarak 0,5 meter dengan menggunakan sajadah biru Rahmatan Lil ‘Alamin. Jamaah dari santri pun tidak seluruhnya sholat di Masjid Rahmatan Lil ‘Alamin, hanya santri madrasah Aliyah saja, dikarenakan tempatnya yang kurang memadai. Santri Madrasah Ibtidaiyah dan santri Madrasah Tsanawiyah melaksanakan sholat Ied Adha secara streaming di asrama masing-masing. Selain santri aliyah, jamaah sholat Ied Al Adha di masjid Rahmatan Lil ‘Alamin juga berasal dari para eksponen, guru AL-Zaytun, dan perwakilan koordinator dari berbagai daerah d

Binayah Hufadh

Binayah artinya perkumpulan, dan hufadh artinya menjaga. Jadi Binayah Hufadh yang dimaksud adalah perkumpulan orang-orang yang menjaga Al-Qur’an. Binayah ini didirikan sejak tahun 2012 dan masih exis hingga saat ini. Pesertanya mencapai kurang lebih 90 santri.  Setiap hari mereka diberi tempat khusus untuk menghafal Al-Qur’an dengan target bisa menyelesaikan 1 juz dalam 1 bulan. Bagi peserta yang mencapai target, akan dites dalam acara Sima’an yang rutin dilaksanakan setiap 1 bulan sekali. Acara sima’an hufadh bulan maret (02/03), dilaksanakan di masjid Al-Hayat lantai 1 dan disaksikan oleh hampir seluruh guru dan santri Al-Zaytun. Acara ini bertujuan untuk mengetes hafalan Al-Qur’an para peserta hufadh yang me-miliki target menghapal 1 juz dalam 1 bulan.