Langsung ke konten utama

Perayaan Tahun Baru Islam 1444 H di Al-Zaytun Dengan 1000 Tamu Undangan


Perayaan tahun baru Masehi merupakan hal yang sudah biasa dilakukan oleh seluruh masyarakat di tiap-tiap negara. Namun berbeda dengan masyarakat pada umumnya, Al-Zaytun bukan hanya merayakan tahun baru Masehi saja, namun tahun baru Islam juga dirayakan. Al-Zaytun rutin melaksanakan kegiatan ini tiap tahunnya, dengan menghadirkan berbagai tokoh masyarakat dan menghadirkan tamu undangan lainnya, seperti wali santri, dan para donatur-donatur. Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Rahmatan Lil ‘Alamin. Tahun ini Al-Zaytun menghadirkan 1000 tamu, dan di hadirkan dalam kegiatan perayaan, 01 Muharram 1444 H. di Masjid Rahmatan Lil ‘Alamin. Adapun tokoh-tokoh yang hadir dalam kegiatan ini adalah:

Bp. Drs. Nasrun Mahmud, M.Pd., dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Bp. Iwan Saputra Syahbandar.

Bp. Ermawan, S.Pd., M.M., dari Dinas Pendidikan Indramayu.

Bp. Daniel Worek, seorang pendeta dari Pantekosta

Datuk A.R Maphilindo Mohd. Isa, perwakilan dari wali santri koordinator Malaysia.

Bp. Parnoko, perwakilan dari wali santri koordinator Banten.

Bp. Asrul alamsyah, perwakilan dari wali santri koordinator Jakarta.

Bp. AKBP Adolof Bormasa, seorang tokoh masyarakat di Maluku.

Bp. Mustofa Surkatty

Bp. Sjafrudin Ahmad, S.H., perwakilan dari wali santri koordinator Jawa Barat Utara.

Bp. Robin ch. Simanulang

Mr. Shin Hong Guen, mantan anggota angkatan laut Korea Selatan.

Bp. Usep Saepulloh, perwakilan dari wali santri koordinator Jawa Barat Selatan.

Bp. Rudiyanto, perwakilan dari wali santri koordinator Jawa Timur.

Bp. Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Moeldoko Kepala Staf Kepresidenan RI.

Bp. Lucky Hakim, ketua dari Lucky Hakim Center dan wakil bupati Indramayu.

Bp. Drs. Amich Alhumami, M.A., M.Ed., P.hD. Direktur Bappenas RI.

Beserta para wali santri lainnya. Uniknya kegiatan ini di laksanakan pada tanggal, 30 Juli 2022 M/ 01 Muharram 1444 H, yaitu bertepatan pada hari ulang tahun Syaykh Al-Zaytun, Prof. Dr. Abdussalam Panji Gumilang, S. Sos., M.P.

Tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu untuk merayakan tahun baru Islam serta menjalin tali silaturahmi, dan acara ini memiliki pesan yaitu “Mari Kita Ciptakan Indonesia Kuat”. Adapun kegiatan acaranya yaitu, tadarus Al-Qur’an yang dipimpin oleh Ust. Ali Aminullah, selanjutnya pembukaan, kemudian sambutan-sambutan dari para tamu undangan, dan yang terakhir adalah do’a yang dipimpin langsung oleh Syaykh Al-Zaytun.

Acara ini dapat berjalan dengan baik, karena telah dipersiapkan dari hari-hari sebelumnya. Semua persiapan-persiapan acara, dilaksanakan oleh seluruh civitas Al-Zaytun. Didukung oleh Organisasi Pelajar Santri, dan seluruh santri Al-Zaytun, sehingga acara ini bisa sukses. Baik dari panitia persiapan, maupun panitia ketika pelaksanaan acara. Adapun hal yang disiapkan sebelum acara ialah, merapihkan kursi, penempelan label juz disetiap kursi, persiapan live stream di tiap-tiap asrama oleh bagian Kementerian Informasi dan Publikasi OPMAZ, dan kegiatan bakti lingkungan di sekitar kampus oleh seluruh santri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peringatan 1 Muharram 1443 Hijriah

Sebanyak 1443 peserta hadir di MRLA untuk memperingati Tahun Baru Hijriyah 1443 H  Setiap tahun, seluruh umat Islam merayakan pergantian tahun baru hijriyah yang dikenal sebagai kalender Hijriyah.  Peringatan tahun baru hijriyah tentu berbeda-beda di berbagai Pesantren, khususnya di Al-Zaytun. Meski Nabi Muhammad tidak memberi contoh untuk menunaikan amalan tertentu saat tahun baru hijriyah tiba, namun civitas Al- Zaytun pada umumnya menjadikan momen tahun baru hijriyah ini sebagai peringatan besar-besaran sebagai wujud rasa syukur terhadap Allah yang telah memberikan karunia-Nya sampai saat ini.  Peringatan Tahun baru hijriyah di Kampus Al-Zaytun pada hari Rabu (11/08) diisi dengan tadarrus Al-Qur'an oleh santri, mahasiswa, guru, karyawan, dan seluruh penghuni lainnya di Ma'had Al-Zaytun.  Dengan diberlakukannya protokol orhiba di Al-Zaytun, maka kegiatan ini dilaksanakan di 6 tempat yang berbeda-beda, diantaranya 5 asrama pelajar, dan 1 masjid besar, Masjid Rahmatan Lil '

SHOLAT IED ADHA 1443/2022 BERJAMAAH DI MASJID RAHMATAN LIL ‘ALAMIN

Pada tahun ini, Ied Al Adha jatuh pada hari Ahad, 10 Juli 2022. Ma’had Al-Zaytun menjalankan rutinitas seperti tahun-tahun yang lalu, yaitu melaksanakan sholat Ied Al Adha berjamaah di masjid Rahmatan Lil ‘Alamin. Al-Zaytun menggunakan Protokol Kesehatan yang disesuaikan dari arahan Pemerintah Republik Indonesia dan World Health Organization (WHO). Karena masih dalam masa pandemi dan Pembatas Sosial Berskala Besar (PSBB) maka shalat berjamaah dilakukan secara berjarak 0,5 meter dengan menggunakan sajadah biru Rahmatan Lil ‘Alamin. Jamaah dari santri pun tidak seluruhnya sholat di Masjid Rahmatan Lil ‘Alamin, hanya santri madrasah Aliyah saja, dikarenakan tempatnya yang kurang memadai. Santri Madrasah Ibtidaiyah dan santri Madrasah Tsanawiyah melaksanakan sholat Ied Adha secara streaming di asrama masing-masing. Selain santri aliyah, jamaah sholat Ied Al Adha di masjid Rahmatan Lil ‘Alamin juga berasal dari para eksponen, guru AL-Zaytun, dan perwakilan koordinator dari berbagai daerah d

Binayah Hufadh

Binayah artinya perkumpulan, dan hufadh artinya menjaga. Jadi Binayah Hufadh yang dimaksud adalah perkumpulan orang-orang yang menjaga Al-Qur’an. Binayah ini didirikan sejak tahun 2012 dan masih exis hingga saat ini. Pesertanya mencapai kurang lebih 90 santri.  Setiap hari mereka diberi tempat khusus untuk menghafal Al-Qur’an dengan target bisa menyelesaikan 1 juz dalam 1 bulan. Bagi peserta yang mencapai target, akan dites dalam acara Sima’an yang rutin dilaksanakan setiap 1 bulan sekali. Acara sima’an hufadh bulan maret (02/03), dilaksanakan di masjid Al-Hayat lantai 1 dan disaksikan oleh hampir seluruh guru dan santri Al-Zaytun. Acara ini bertujuan untuk mengetes hafalan Al-Qur’an para peserta hufadh yang me-miliki target menghapal 1 juz dalam 1 bulan.