Langsung ke konten utama

Pembukaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Forum Studi Jurnalis Angkatan Zenithral

 Pembukaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Forum Studi Jurnalis Angkatan Zenithral

                               Situasi saat pembukaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) berlangsung. Doc by *Rania



Acara pembukaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Forum Studi Jurnalis (FSJ) bagi Angkatan Zenithral dilaksanakan pada hari Ahad tarikh 02/06/2022, tempatnya di masjid Al-Hayat lantai 2. Acara ini diselenggarakan oleh anggota panitia FSJ Angkatan Fentural dan diikuti oleh anggota FSJ Angkatan Zenithral. Panitia Pelaksananya terdiri dari Ketua Umum; Fakhrul Mukhlisin, Wakil Ketua Umum; Halizah Salsabila, Ketua Pelaksana; Fathika Salsabila, dan Wakil Ketua Pelaksana; Irfan Hakim. 

PKL ini diadakan guna memberi pelatihan kerja lebih mendalam kepada anggota FSJ Angkatan Zenithral, agar memiliki kesiapan yang matang saat menjabat dan diharapkan bisa menjadi lebih baik dari organisasi FSJ sebelumnya, terutama dalam mendidik generasi selanjutnya, di mana dikatakan bahwa seorang pendidik yang baik adalah orang yang mampu menghasilkan penerus yang lebih baik. Namun, terdapat beberapa kendala dalam acara pembukaan ini yaitu kurangnya persiapan acara, jumlah kehadiran peserta, dan kesiapan para panitia. Karena itu, acara ini akan diadakan kembali pada pekan berikutnya.

Dari kegiatan ini terdapat pesan bahwa ,“Apapun yang kalian pilih percayalah akan pilihan itu dan jadilah penerus yang lebih baik dari pendidik sebelumnya.” Pesan Sirhan Alamsyah kepada anggota FSJ angkatan Zenithral.

(Tane, Nie, Har, Haliza, Tobul/FSJ)

        

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peringatan 1 Muharram 1443 Hijriah

Sebanyak 1443 peserta hadir di MRLA untuk memperingati Tahun Baru Hijriyah 1443 H  Setiap tahun, seluruh umat Islam merayakan pergantian tahun baru hijriyah yang dikenal sebagai kalender Hijriyah.  Peringatan tahun baru hijriyah tentu berbeda-beda di berbagai Pesantren, khususnya di Al-Zaytun. Meski Nabi Muhammad tidak memberi contoh untuk menunaikan amalan tertentu saat tahun baru hijriyah tiba, namun civitas Al- Zaytun pada umumnya menjadikan momen tahun baru hijriyah ini sebagai peringatan besar-besaran sebagai wujud rasa syukur terhadap Allah yang telah memberikan karunia-Nya sampai saat ini.  Peringatan Tahun baru hijriyah di Kampus Al-Zaytun pada hari Rabu (11/08) diisi dengan tadarrus Al-Qur'an oleh santri, mahasiswa, guru, karyawan, dan seluruh penghuni lainnya di Ma'had Al-Zaytun.  Dengan diberlakukannya protokol orhiba di Al-Zaytun, maka kegiatan ini dilaksanakan di 6 tempat yang berbeda-beda, diantaranya 5 asrama pelajar, dan 1 masjid besar, Masjid Rahmatan Lil '

SHOLAT IED ADHA 1443/2022 BERJAMAAH DI MASJID RAHMATAN LIL ‘ALAMIN

Pada tahun ini, Ied Al Adha jatuh pada hari Ahad, 10 Juli 2022. Ma’had Al-Zaytun menjalankan rutinitas seperti tahun-tahun yang lalu, yaitu melaksanakan sholat Ied Al Adha berjamaah di masjid Rahmatan Lil ‘Alamin. Al-Zaytun menggunakan Protokol Kesehatan yang disesuaikan dari arahan Pemerintah Republik Indonesia dan World Health Organization (WHO). Karena masih dalam masa pandemi dan Pembatas Sosial Berskala Besar (PSBB) maka shalat berjamaah dilakukan secara berjarak 0,5 meter dengan menggunakan sajadah biru Rahmatan Lil ‘Alamin. Jamaah dari santri pun tidak seluruhnya sholat di Masjid Rahmatan Lil ‘Alamin, hanya santri madrasah Aliyah saja, dikarenakan tempatnya yang kurang memadai. Santri Madrasah Ibtidaiyah dan santri Madrasah Tsanawiyah melaksanakan sholat Ied Adha secara streaming di asrama masing-masing. Selain santri aliyah, jamaah sholat Ied Al Adha di masjid Rahmatan Lil ‘Alamin juga berasal dari para eksponen, guru AL-Zaytun, dan perwakilan koordinator dari berbagai daerah d

Binayah Hufadh

Binayah artinya perkumpulan, dan hufadh artinya menjaga. Jadi Binayah Hufadh yang dimaksud adalah perkumpulan orang-orang yang menjaga Al-Qur’an. Binayah ini didirikan sejak tahun 2012 dan masih exis hingga saat ini. Pesertanya mencapai kurang lebih 90 santri.  Setiap hari mereka diberi tempat khusus untuk menghafal Al-Qur’an dengan target bisa menyelesaikan 1 juz dalam 1 bulan. Bagi peserta yang mencapai target, akan dites dalam acara Sima’an yang rutin dilaksanakan setiap 1 bulan sekali. Acara sima’an hufadh bulan maret (02/03), dilaksanakan di masjid Al-Hayat lantai 1 dan disaksikan oleh hampir seluruh guru dan santri Al-Zaytun. Acara ini bertujuan untuk mengetes hafalan Al-Qur’an para peserta hufadh yang me-miliki target menghapal 1 juz dalam 1 bulan.