Langsung ke konten utama

Membangkitkan Pandu Pembela Umat Kemanusiaan Al-Zaytun

Upacara dilakukan dengan jiwa yang dalam
dengan menjaga jarak dan memakai masker


AL-ZAYTUN, Organisasi Pelajar Ma'had Al-Zaytun - Seluruh Pandu Pembela Umat Kemanusiaan (PPUK) mengikuti pembukaan kegiatan ekstra kurikuler kepanduan bersama dengan para guru pembina.

Upacara pembukaan dilaksanakan Sabtu, 3 Juli 2021, bertempat di Lapangan Medan Satria Wiratama dipimpin oleh Pratama Upacara dan dibuka secara langsung oleh Majelis Guru yang diwakilkan kepada Ustadz Abdul Rojak.

Ustadz Abdul Rojak dalam sambutannya memberikan pengalaman mengenai nostalgianya saat pembukaan Kepanduan yang dipimpin langsung oleh Syaykh Al-Zaytun.

''Saya amat teringat dengan pembukaan kepanduan pertama kali, yang dipimpin langsung oleh Syaykh kita,'' ujarnya.

Ia mengatakan bahwa santri diharapkan aktif mengikuti kegiatan ini karena banyak manfaatnya untuk bekal hidup, seperti menumbuhkan karakter manusia yang sehat, cerdas, dan manusiawi.

Syifa Aulia sebagai Menteri Kepanduan Pelestarian Lingkungan memberikan informasi bahwa kegiatan ini dihadiri oleh santriwan dan santriwati kelas 10.

Dalam rangkaian acara ini juga diwarnai dengan adanya penampilan dari para santri.

"Ada penampilan dari santri kelas 12, yaitu senam semapur dan senam tongkat," ungkap Syifa Aulia.

Ia juga mengimbuhkan bahwa Organisasi Pelajar angkatan Admiral ingin membangkitkan kembali jiwa-jiwa pandu pembela umat kemanusiaan setelah sekian lama kegiatan ini divakumkan oleh Syaykh Al-Zaytun.

"Dengan pembukaan ini sebagai simbol bahwa kita sebagai santri Al-Zaytun siap untuk mengikuti kepanduan," jelasnya.

Gerakan Kepanduan ini penting untuk dilestarikan oleh segenap anak bangsa, karena memiliki manfaat yang sangat besar khususnya untuk pembentukan sikap mental dan moral serta kepribadian guna mewujudkan jiwa Nasionalisme dan Patriotisme dalam konteks Bela Negara.

Selain itu Kepanduan juga salah satu media yang efektif untuk melakukan pembinaan terhadap generasi muda sehingga memiliki sikap disiplin dan tanggung jawab yang tinggi sebagai generasi penerus bangsa.

Selanjutnya, pelaksanaan pelatihan kepanduan ini akan dilaksanakan dengan mengangkat tema "BELAJAR SAMBIL BERMAIN, DAN BERMAIN SAMBIL BELAJAR".

"Kami akan menyuguhkan kegiatan pembelajaran dan materi-materi yang mengasyikan, dan tentunya akan disertai dengan materi-materi yang dapat melatih kepemimpinan dan kedisiplinan," pungkasnya.

Rencananya kegiatan ini dilakukan saat pembelajaran luar kelas dengan materi dasar-dasar kepanduan dan metodik kepanduan. Dalam kegiatan ini, santri dengan antusias dan semangat mengikuti seluruh kegiatan yang merupakan kegiatan ekstra kurikuler. Menurut mereka, kegiatan Kepanduan di Al-Zaytun ini sangat menyenangkan dan membentuk siswa menjadi mandiri dan bertanggungjawab.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peringatan 1 Muharram 1443 Hijriah

Sebanyak 1443 peserta hadir di MRLA untuk memperingati Tahun Baru Hijriyah 1443 H  Setiap tahun, seluruh umat Islam merayakan pergantian tahun baru hijriyah yang dikenal sebagai kalender Hijriyah.  Peringatan tahun baru hijriyah tentu berbeda-beda di berbagai Pesantren, khususnya di Al-Zaytun. Meski Nabi Muhammad tidak memberi contoh untuk menunaikan amalan tertentu saat tahun baru hijriyah tiba, namun civitas Al- Zaytun pada umumnya menjadikan momen tahun baru hijriyah ini sebagai peringatan besar-besaran sebagai wujud rasa syukur terhadap Allah yang telah memberikan karunia-Nya sampai saat ini.  Peringatan Tahun baru hijriyah di Kampus Al-Zaytun pada hari Rabu (11/08) diisi dengan tadarrus Al-Qur'an oleh santri, mahasiswa, guru, karyawan, dan seluruh penghuni lainnya di Ma'had Al-Zaytun.  Dengan diberlakukannya protokol orhiba di Al-Zaytun, maka kegiatan ini dilaksanakan di 6 tempat yang berbeda-beda, diantaranya 5 asrama pelajar, dan 1 masjid besar, Masjid Rahmatan Lil '

SHOLAT IED ADHA 1443/2022 BERJAMAAH DI MASJID RAHMATAN LIL ‘ALAMIN

Pada tahun ini, Ied Al Adha jatuh pada hari Ahad, 10 Juli 2022. Ma’had Al-Zaytun menjalankan rutinitas seperti tahun-tahun yang lalu, yaitu melaksanakan sholat Ied Al Adha berjamaah di masjid Rahmatan Lil ‘Alamin. Al-Zaytun menggunakan Protokol Kesehatan yang disesuaikan dari arahan Pemerintah Republik Indonesia dan World Health Organization (WHO). Karena masih dalam masa pandemi dan Pembatas Sosial Berskala Besar (PSBB) maka shalat berjamaah dilakukan secara berjarak 0,5 meter dengan menggunakan sajadah biru Rahmatan Lil ‘Alamin. Jamaah dari santri pun tidak seluruhnya sholat di Masjid Rahmatan Lil ‘Alamin, hanya santri madrasah Aliyah saja, dikarenakan tempatnya yang kurang memadai. Santri Madrasah Ibtidaiyah dan santri Madrasah Tsanawiyah melaksanakan sholat Ied Adha secara streaming di asrama masing-masing. Selain santri aliyah, jamaah sholat Ied Al Adha di masjid Rahmatan Lil ‘Alamin juga berasal dari para eksponen, guru AL-Zaytun, dan perwakilan koordinator dari berbagai daerah d

Binayah Hufadh

Binayah artinya perkumpulan, dan hufadh artinya menjaga. Jadi Binayah Hufadh yang dimaksud adalah perkumpulan orang-orang yang menjaga Al-Qur’an. Binayah ini didirikan sejak tahun 2012 dan masih exis hingga saat ini. Pesertanya mencapai kurang lebih 90 santri.  Setiap hari mereka diberi tempat khusus untuk menghafal Al-Qur’an dengan target bisa menyelesaikan 1 juz dalam 1 bulan. Bagi peserta yang mencapai target, akan dites dalam acara Sima’an yang rutin dilaksanakan setiap 1 bulan sekali. Acara sima’an hufadh bulan maret (02/03), dilaksanakan di masjid Al-Hayat lantai 1 dan disaksikan oleh hampir seluruh guru dan santri Al-Zaytun. Acara ini bertujuan untuk mengetes hafalan Al-Qur’an para peserta hufadh yang me-miliki target menghapal 1 juz dalam 1 bulan.